Cara Menjadi Agen Allianz

Allianz Mencari BP

“Bagaimana cara menjadi agen Allianz?”

Ini satu pertanyaan yang cukup sering saya terima, sekaligus paling saya tunggu. Kenapa? Karena dengan semakin banyaknya agen asuransi, semakin banyak pula masyarakat yang terlindungi keuangannya.

Tapi karena tidak setiap orang cocok dengan bisnis ini, izinkan saya melakukan seleksi, sebagaimana setiap bidang pekerjaan ada seleksinya.

Sebelum Mendaftar Jadi Agen Asuransi

Sebagian besar agen asuransi gagal. Kenapa? Karena mereka hanya ingin sukses tapi tidak melakukan hal-hal yang diperlukan untuk sukses.

Oleh karena itu, sebelum mendaftar sebagai agen asuransi, mohon pastikan dulu hal-hal sbb:

  • Apakah anda siap menghubungi beberapa orang setiap hari untuk menawarkan asuransi?
  • Apakah anda siap menghadapi banyak penolakan, dicuekin, dan di-PHP-in?
  • Apakah anda siap menjalani profesi agen asuransi seumur hidup anda?
  • Apakah anda siap melayani para nasabah seumur hidup anda?

Jika jawaban untuk empat pertanyaan di atas adalah ya, silakan dilanjutkan.

Jika anda bertanya, coba-coba dulu boleh gak? Itu tandanya anda belum yakin. Saran saya: pelajari lebih lanjut tentang peluang bisnis ini. Sumber-sumbernya banyak tersedia di internet. Jika masih ragu, akan lebih baik jika anda menyempatkan diri datang ke acara semacam seminar peluang bisnis yang diadakan secara rutin di kantor-kantor keagenan terdekat. Gratis.

Mungkin anda bertanya, kalau sambilan dulu boleh gak? Saya jawab: boleh part-time (sambilan), tapi harus full-heart (sepenuh hati). Karena bisnis ini tidak memberikan gaji, kebanyakan orang memulai bisnis asuransi dengan tetap menjalani pekerjaan yang sekarang. Mereka baru full-time (penuh waktu) ketika hasil dari bisnis ini sudah menyamai atau melebihi hasil dari pekerjaannya yang lama.

Terus-terang, menjadi agen asuransi yang sukses itu tidak mudah, dan tidak semua orang siap melayani orang-orang lainnya dengan sepenuh hati. Jika anda memiliki kesiapan hati untuk berjuang di bisnis ini, silakan dilanjut. Semoga anda menjadi salah seorang yang sukses seperti para MDIT ( Million Dollars Income Team )

3 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Bergabung

Selain itu, pastikan juga bahwa anda telah mengetahui tiga hal penting terkait bisnis agen asuransi yang akan anda jalani, dan tidak keberatan dengan itu. Lakukan survei sebelum memutuskan, minimal melalui internet.

1. Profil perusahaan.

Apakah anda sudah tahu mengenai Allianz? Apakah anda akan cukup memiliki kebanggaan ketika memakai seragam Allianz? Silakan dibaca di Artikel “Profile Allianz”.

2. Produk yang dijual

Apakah anda sudah tahu mengenai produk yang akan anda jual di Allianz? Apakah anda setuju bahwa produk tersebut bermanfaat untuk anda dan orang-orang lain? Cobalah baca di artikel “Produk Unggulan Allianz”.

3. Sistem bisnis

Sistem bisnis bicara tentang berapa jenjang karier dan penghasilan yang potensial anda dapatkan ketika sudah menjalankan bisnis agen asuransi di Allianz. Apakah anda sudah mengetahui hal itu? Apakah anda yakin bisa mencapai apa yang anda inginkan melalui sistem bisnis tersebut?  Silakan dipelajari di “Sistem Bisnis ASN”.

Kualifikasi yang Diharapkan

Pada dasarnya siapa pun dapat mendaftar sebagai agen Allianz di tim saya, yang penting serius, mau belajar, gigih, dan pantang menyerah. Tapi untuk memudahkan kerja kita ke depan, saya berharap calon agen di tim saya memenuhi kualifikasi berikut:

  1. Memiliki kendaraan sendiri (syarat standar seorang sales di mana pun).
  2. Memiliki komputer atau laptop (untuk membuat proposal ilustrasi produk).
  3. Paham menggunakan internet (sesekali saya akan meminta bantuan anda untuk melayani permintaan calon nasabah).
  4. Mampu belajar mandiri dengan membaca dan tidak keberatan melakukan konsultasi jarak jauh via WA, SMS, telepon, atau email.

Jika anda ingin memasarkan produk asuransi melalui internet atau blog seperti saya, dan ingin diajari caranya, ada tambahan kualifikasi lagi, yaitu:

  1. Rajin membaca.
  2. Bisa menulis, atau mau mempelajarinya.
  3. Akrab dengan dunia internet (mesin pencari, email, blog/web, dan semacamnya).

Persyaratan Administratif

Secara administratif, persyaratan menjadi agen asuransi itu mudah, yaitu:

1. Mengisi Form Aplikasi Agen dan Perjanjian Keagenan, dengan melampirkan: 

     a. Fotokopi KTP (2 lembar)

     b. Pas foto warna ukuran 3×4 (2 lembar)

     c. Fotokopi buku tabungan (1 lembar)

     d. Fotokopi NPWP (1 lembar)

     e. Bukti transfer biaya ujian lisensi konvensional + syariah sebesar 285 ribu (online, lokasi di kota-kota tertentu) atau 310 ribu (paper, lokasi di luar kota-kota tertentu). 

     f. Jika anda pernah tergabung di asuransi lain, lampirkan fotokopi kartu lisensi AAJI dan surat terminasi dari perusahaan sebelumnya. Jika tidak ada, surat terminasi bsia diganti dengan surat penyataan telah mengundurkan diri. Kemudian biaya perpanjangan lisensi akan berbeda dengan biaya ujian untuk calon agen baru (jumlahnya akan diberitahukan kemudian).

2. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.

Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 2-3 minggu. Sambil menunggu, anda bisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI dan materi-materi lainnya (bisa diperoleh di Materi Belajar Ujian Lisensi AAJI.

Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi dan mulai bisa menjual polis asuransi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Support System

Untuk mendukung kesuksesan anda, ada banyak support system yang bisa anda manfaatkan.

A. Dari Manajemen Allianz Life Indonesia

Dari pihak manajemen Allianz Life Indonesia, ada dua training yang wajib diikuti oleh setiap agen, yaitu:

  1. Basic Training Program. Ini adalah training dasar yang wajib diikuti setiap agen Allianz. Training dasar meliputi: ASN Orientasi Program, Basic Product Training, dan Basic Operation Training. Training ini dilaksanakan selama 2 hari.
  2. Fast Track To Management (FTTM). Ini adalah training untuk agen yang telah mencapai level BP. Training dilaksanakan selama 1 hari.

Kedua training ini dilaksanakan setelah anda terdaftar sebagai agen.

Selain itu ada beberapa acara lain yang rutin diadakan Allianz, antara lain:

  1. SnR (Selling and Recruitting), seminar intensif selama beberapa hari yang menghadirkan pembicara dari kalangan internal maupun luar.
  2. Kick off Meeting, diadakan setiap bulan Januari, berisi pengarahan dari manajemen Allianz dan info-info seputar berbagai kontes yang diadakan di tahun itu.
  3. ASN Recognition, sebuah acara selebrasi untuk memberikan penghargaan kepada para agen yang mencapai target promosi, kontes trip, MDRT, dan MDIT.
  4. ASN Final Lap, diadakan setiap awal bulan Oktober. Seminar sehari yang menghadirkan para pembicara level nasional dan internasional untuk menyemangati para agen menghadapi tiga bulan terakhir.

Support system lainnya adalah aneka kontes untuk memacu semangat agen dalam melakukan penjualan. Kontes yang rutin diadakan adalah:

  1. Trip ke luar negeri. Biasanya ada tiga negara tujuan trip yang dapat dipilih dengan persyaratan penjualan pribadi dan atau penjualan tim.
  2. CPC (Consistent Producers Club), penghargaan untuk para agen yang konsisten berproduksi setiap bulan.
  3. Rookie BP, sebuah tantangan berhadiah double overriding bagi BP baru yang memenuhi kualifikasi.

4. Dibimbing langkah demi langkah untuk bisa mendapatkan calon nasabah dan agen secara pasif melalui internet (jika berminat dan memenuhi kualifikasinya).

5. Izin menggunakan seluruh artikel di web ini untuk dipasang di web/blog anda.

6. Konsultasi gratis tentang produk maupun strategi bisnis kapan pun anda butuhkan.

7. Ditemani JFW (Joint Field Work) saat anda bertemu dengan calon nasabah anda (khusus wilayah Palu-Sigi & Donggala).

Demikian dan salam sukses,

Endang Abdillah (Business Executive ASN)

HP/WA 0822-9182-4812 | Email : abdillahsailan@gmail.com | Tinggal di Marawola Sulawesi Tengah |

Tanya Jawab tentang Menjadi Agen Allianz

Tanya (T): Apa tugas seorang agen asuransi di Allianz?

Jawab (J): Tugas agen Allianz adalah menjual produk asuransi dari Allianz dan memberikan pelayanan (servicing) kepada para nasabah. Selain itu, agen Allianz juga dapat merekrut agen dan membimbing mereka untuk bisa jualan. Untuk bisa melakukan tugas tsb, tentunya seorang agen Allianz harus senantiasa belajar, baik melalui training di kelas maupun dengan cara memperbanyak pengalaman.

T: Apa produk unggulan Allianz?

J: Produk unggulan Allianz disebut Tapro. Penjelasannya bisa dibaca di artikel “Produk Unggulan Allianz”

T: Bagaimana marketing plan atau sistem bisnis Allianz? 

J: Marketing plan atau sistem bisnis Allianz bisa dibaca di artikel “Sistem Bisnis ASN”.

T: Apakah agen mendapat gaji tetap?

J: Tidak. Agen mendapat penghasilan berdasarkan penjualan polis.

T: Untuk bisa jualan, apakah saya harus lulus ujian lisensi dari AAJI?

J: Betul, anda harus lulus ujian lisensi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia).

T: Apakah saya harus memiliki lisensi asuransi syariah?

J: Jika anda ingin bergabung di tim saya, anda harus punya lisensi asuransi syariah, supaya bisa jual produk syariah. Ujiannya bersamaan dengan ujian lisensi asuransi konvensional.

T: Apakah ada bahan untuk saya pelajari sebelum menjalani ujian?

J: Ada. Bisa dilhat di Artikel “Soal-Soal Ujian AAJI”.

T: Jika saya berada di luar kota Jakarta, di mana saya bisa ujian?

J: Anda bisa ikut ujian di kota terdekat. Lokasi ujian lisensi sudah tersedia di puluhan kota di Indonesia.

T: Jika saya bergabung sebagai agen, apakah saya harus berhenti dari pekerjaan saya yang sekarang?

J: Tidak perlu. Yang penting anda serius dan menjalani bisnis ini sepenuh hati. Kelak jika penghasilan anda sudah mencukupi atau sudah sama dengan pekerjaan anda saat ini, anda dapat mempertimbangkan untuk sepenuh waktu di ASN.

One thought on “Cara Menjadi Agen Allianz

  1. Pingback: Allianz Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *