Ilustrasi Wakaf Asuransi Jiwa 1 Milyar

Pengertian Wakaf

Wakaf berasal dari bahasa Arab, “waqf”, yang artinya menahan, berhenti, atau diam. Secara istilah berarti harta benda yang nilai pokoknya ditahan dan manfaatnya digunakan untuk kepentingan umum yang sesuai dengan ajaran Islam. Selama harta wakaf ini masih ada dan memberikan manfaat untuk kepentingan umum, selama itu pula pahalanya akan terus mengalir meskipun orang yang berwakaf telah tiada. Wakaf merupakan sedekah jariyah dalam bentuknya yang paling nyata.

Wakaf Asuransi Jiwa

Wakaf Wasiat Polis Asuransi Jiwa Syariah adalah adalah wakaf berupa polis asuransi syariah yang mana nilai investasinya dan atau manfaat asuransinya diwakafkan oleh tertanggung utama dengan sepengetahuan ahli waris ketika manfaat polis jatuh tempo dan atau wakif meninggal dunia.

Program Wakaf Wasiat Polis Asuransi Jiwa Syariah ini didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan investasi akhirat para wakif melalui wakaf produktif maupun wakaf keagamaan serta kegiatan sosial lainnya.

Siapa yang menjadi ahli waris pada polis yang diwakafkan? Termaslahat atau ahli waris yang tercatat di polis tetaplah orang yang memiliki insurable interest (hubungan asuransi) dengan tertanggung, misalnya istri/suami, anak/orangtua, atau saudara kandung. Tapi atas persetujuan semua ahli waris, uang pertangungan polis itu kemudian diserahkan ke lembaga sosial yang ditunjuk. Persetujuan ini dilegalkan dalam surat perjanjian yang ditandatangani semua ahli waris di hadapan notaris.

Hukum Wakaf Wasiat Polis Asuransi Jiwa Syariah

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana hukumnya wakaf wasiat polis asuransi jiwa syariah ? Kabar baiknya telah ada fatwa dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada tahun 2016, yang intinya berwasiat untuk mewakafkan nilai polis asuransi syariah adalah boleh.

Berikut ilustrasi wakaf polis asuransi jiwa nilai manfaat 1 milyar,untuk nasabah usia 30 tahun,premi 400 ribu per bulan

ilustrasi 1

Ilustrasi Wakaf asuransi jiwa nilai manfaat 450 juta rupiah,nasabah usia 30 tahun premi 350 ribu perbulan

ilustrasi 2

Keterangan :

  • Ilustrasi 1 Terdapat Up. asuransi jiwa sebesar 250 juta rupiah dan term life sebesar 750 juta rupiah,jumlah 1 milyar rupiah yang bisa anda wakafkan saat anda telah meninggal dunia.
  • Ilustrasi 2, terdapat Up.asuransi jiwa sebesar 450 juta rupiah yang bisa anda wakafkan saat anda telah meninggal dunia.

Syarat utama dari wakaf polis asuransi jiwa adalah, anda terlebih dahulu sudah harus mempunyai polis asuransi jiwa syariah Allisya Protection Plus untuk keluarga atau ahli waris anda sendiri,jika anda belum mempunyai polis asuransi untuk ahli waris dan keluarga anda,maka anda tidak bisa membeli polis wakaf asuransi jiwa.

Cara Melakukan Wakaf Asuransi Jiwa

  1. Harus sudah memiliki polis asuransi jiwa untuk keluarga dan ahli waris.
  2. Hubungi orang atau lembaga yang bisa diajak untuk konsultasi mengenai wakaf asuransi.
  3. Tentukan lembaga atau individu mana yang akan memperoleh wakaf asuransi anda.
  4. Sampaikan dan bicarakan niat anda untuk berwakaf kepada ahli waris atau keluarga anda.
  5. Melakukan ikrar wakaf.

Demikian sekilas mengenai wakaf asuransi dan contoh ilustrasinya.jika anda ingin berwakaf asuransi silahkan hubungi saya untuk mendapatkan ilustrasi sesuai dengan jumlah yang anda inginkan.

Isi Formulir wakaf asuransi jiwa dibawah ini :

Keterangan lebih lanjut,Hubungi saya :

Endang Abdillah | Hp/Wa : +682291824812 | Email : abdillahsailan@gmail.com | Agen Allianz Life Indonesia | Tinggal di Sulawesi Tengah

Summary
Review Date
Reviewed Item
Ilustrasi Wakaf Asuransi Jiwa 1 Milyar
Author Rating
51star1star1star1star1star

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *