Memilih Asuransi Syariah

Istilah-istilah asuransi syariah

Sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar didunia,maka tak heran jika produk keuangan syariah semakin banyak peminatnya dari waktu ke waktu.tak terkecuali asuransi syariah.

Peetumbuhan ekonomi syariah juga dapat dilihat dari berbagai lembaga yang sudah menerapkan sistem ini.Lembaga asuransi,perbankan hingga perusahaan pegadaian semua nya menerapkan sistem syariah didalam produk-produk mereka.

Tren syariah yang kian berkembang tersebut dikarenakan ada beberapa keunggulan dan keuntungan yang didapat dari produk-produk asuransi syariah,seperti sebagai berikut :

Konsep Tolong Menolong

Asuransi syariah memakai konsep tolong menolong diantara peserta asuransi,sehingga dengan adanya konsep ini para nasabah atau peserta asuransi tidak hanya mendapatkan proteksi atas resiko-resiko kehidupan yang terjadi,tapi juga membawa kebaikan kepada sesama yang mengalami musibah,sehingga boleh dikatakan para nasabah asuransi syariah ini hampir tiap hari menolong orang lain.

Transparansi

Kesepakatan dalam kontrak asuransi syariah dilakukan secara transparan diawal permohonan pengajuan asuransi dalam bentuk akad atau kontrak.Hal ini memberikan rasa tenang dan aman pada diri setiap nasabah yang mengambil produk asuransi syariah.

Risk Sharing Yang Adil.

Dalam prakteknya asuransi syariah menggunakan sistem risk sharing atau berbagi resiko,hal ini berbeda dengan asuransi konvensional (non syariah) yang menggunakan sistem risk trasnfer atau transfer resiko.dalam risk sharing ini segala resiko kehidupan yang terjadi menjadi atnggungan sesama peserta asuransi syariah,sedangkan perusahaan asuransi bertindak sebagai pengelola keuangan para nasabah.

Surplus Underwriting

Setiap peserta atau nasabah asuransi syariah berpeluang medapatkan surplus underwriting yang akan dibagikan kepada peserta setiap tahunnya.Apabila jumlah dana tabarru’ yang terkumpul dari seluruh peserta lebih besar dibandingkan dengan klaim-klaim yang terjadi dan yang dibayarkan dalam satu tahun periode.kelebihan inilah yang akan dibagikan kepada peserta yang berhak.

Pengelolaan Dana Investasi

Peraturan didalam asuransi syariah,pengelolaan dana investasi yang ada tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang dilarang oleh syariah,seperti : Rokok,Perbankan Konvensional,Minuman Keras,Perjudian,Perusahan yang menjual barang yang diharamkan dll dan diawasi secara ketat oleh Dewan Syariah Nasional (DPS),sehingga dengan instrumen-instrumen yang Halal nasabah tidak peru khawatir akan dana yang dikelola,karena seluruh pengelolaan dipastikan telah sesuai dengan ketentuan ketentuan syariah yang berlaku.

Salah satu produk asuransi yang sesuai syariah adalah Allisya Protection Plus dari Allianz Life Indonesia Cabang Syariah,produk asuransi ini lengkap sesuai dengan kebutuhan tiap nasabah dan transparan pengelolaannya.Produk ini memberikan kepastian bahwa dana yang disetorkan dikelola dengan ragam pilihan yang sesuai dengan ketentuan syariah, produk ini pantas untuk menjadi produk asuransi pilihan anda.

Konsultasi tentang produk Allisya Protection Plus dari Allianz bisa menghubungi saya :

Endang Abdillah | Hp/Wa : 0822-9182-4812 | Email : abdillahsailan@gmail.com | Agen Asuransi Allianz Indonesia | Tinggal di Marawola Sulawesi Tengah

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kenapa Memilih Asuransi Syariah ?
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *