Kriteria Perusahaan Asuransi Yang Sehat

RBC Allianz

Memilih Perusahaan Asuransi

Asuransi adalah produk jasa keuangan jangka panjang,sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi,hal yang sangat perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi perusahaan tersebut,kita tidak hanya membayar kontribusi premi untuk 1 atau 2 kali tapi bahkan bisa seumur hidup.Semakin baik dan sehat sebuah perusahaan asuransi maka akan semakin baik pula pelayanan kepada nasabah.Dengan kata lain jaminan pembayaran klaim akan lebih bisa di pertanggungjawabkan

5 Kriteria Perusahaan Asuransi Yang Baik Dan Sehat

Pemerintah dalam hal ini kementerian keuangan,telah membuat peraturan ketentuan mengenai kesehatan keuangan sebuah perusahaan asuransi,yaitu :

  • RBC (Risk Based Capital) atau modal minimum berbasis resiko
  • Rasio solvabilitas
  • Penempatan investasi
  • Dana jaminan perusahaan
  • Laporan keuangan perusahaan

RBC (RISK BASED CAPITAL)

Risk based capital atau disingkat RBC adalah modal minimum berbasis resiko,merupakan jumlah dana untuk mengantisipasi resiko kerugian yang timbul akibat deviasi pengelolaan aset dan liabilitas.,sebuah perusahaan asuransi harus siap kapanpun untuk membayar klaim nasabah.Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan nasabah untuk memilih perusahaan asuransi yang mempunyai RBC diatas 120%,jika semakin besar maka semakin baik perusahaan tersebut.

Allianz Indonesia secara cukup jauh melampaui ketentuan minimum Pemerintah sebesar 120%. Saat ini rasio solvabilitas Allianz Life 455% dan Allianz Utama 143%. Dan perusahaan memiliki komitmen untuk meningkatkan lebih jauh lagi selisih antara rasio solvabilitas perusahaan dengan ketentuan minimum Pemerintah bagi kepentingan keamanan nasabah.Untuk bisa melihat RBC Allianz bisa dilihat melalui website resmi DI SINI

Solvabilitas

Solvabilitas adalah rasio antara jumlah aset dengan jumlah beban kewajiban si perusahaan. Besarnya solvabilitas ini minimal 100% dari modal minimum berbasis risiko.Perusahaan juga wajib menetapkan target solvabilitas tersebut paling rendah 120%.

Apabila target tidak tercapai, ijin operasional perusahaan asuransi tersebut akan di cabut dan dilarang melaksanakan rencana perubahan strategi, bahkan melakukan pengembangan bisnis.

Penempatan Investasi

Dalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, berapa banyak komposisi premi yang boleh di investasikan sudah ada aturannya.Untuk investasi di saham atau deposito berjangka, angka maksimal yang diperbolehkan maksimal adalah 40% dari seluruh nilai premi yang terkumpul.

Jika diinvestasikan di reksa dana maksimal yang diizinkan adalah 50%. Sedangkan jika di investasikan dalam bentuk logam mulai emas murni maksimal 10% dari seluruh nilai premi.Semua ini akan terlihat dari laporan keuangan yang akan dikeluarkan perusahaan asuransi di akhir tahun.

Perusahaan asuransi akan menginvestasikan sebagian uang dari premi Anda dan nasabah lainnya . Agar premi Anda aman, jangan memilih perusahaan asuransi yang berinvestasi melebihi apa yang sudah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan tersebut.

Dana Jaminan Perusahaan

Dana jaminan adalah bagian dari aset perusahaan yang dimaksudkan sebagai jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan para pemegang polis atau para nasabahnya. Setiap perusahaan asuransi wajib membentuk dana jaminan paling rendah 20% dari modal sendiri.

Laporan Keuangan

Pemerintah mewajibkan perusahaan asuransi mengumumkan ringkasan atas laporan keuangan tahunan dan triwulannya pada website perusahaan.Jadi bila Anda ingin melihat kinerja perusahaan asuransi yang akan dipilih, Anda bisa membuka website mereka, bila perusahaan asuransi tidak memuatnya, sebaiknya Anda berhati-hati.

Website resmi PT. Allianz Indonesia bisa dilihat Di SINI dan untuk laporan keuangan bisa dilihat DI SINI

Allianz sebagai perusahaan asuransi nomor satu di dunia merupakan perusahaan asuransi yang sudah memenuhi ketentuan dari menteri keuangan .

Allianz sangat di rekomendasikan dan bisa dijadikan pilihan pertama apabila Anda ingin mengasuransi kan jiwa dan kesehatan Anda beserta seluruh keluarga.

Produk Asuransi Allianz

Sebagai sebuah perusahaan asuransi terbaik,Allianz memiliki beberapa produk unggulan,baik asuransi syariah maupun asuransi konvensional yaitu :

Selain produk-produk asuransi jiwa dan kesehatan yang tersebut diatas ,Allianz juga memiliki produk asuransi untuk penyakit-penyakit kritis,sebagaimana kita tahu bahwa penyakit kritis seperti kanker,jantung,stroke,gagal ginjal adalah penyakit yang membutuhkan biaya sangat besar didalam pengobatan dan perawatannya.

Produk-produk asuransi penyakit kritis ini memberikan manfaat uang tunai atau uang cash dengan jumlah ratusan juta hingga miliaran sesuai yang kita butuhkan dan kita perlukan.berikut beberapa produk asuransi sakit kritis dari Allianz :

  1. Ci+ (manfaat perlindungan 49 sakit kritis tahap advance)
  2. Ci 100 (manfaat perlindungan 100 kondisi sakit kritis mulai dari tahap diagnosa awal)
  3. Flexi Ci (manfaat perlindungan untuk 168 kondisi sakit kritis mulai dari tahap diagnosa awal)

Untuk informasi lebih lengkap dapatkan konsultasi GRATIS bersama saya agen asuransi jiwa dan kesehatan  ALLIANZ yang siap membantu Anda.

Endang Abdillah | Hp/Wa : +6282291824812 | Email : abdillahsailan@gmail.com | Agen Allianz Life Indonesia | Tinggal di Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *