Mengenal Jenis Penyakit Kataspropik

Kataspropik

Asuransi Kesehatan Allianz

Di asuransi Allianz terdapat manfaat perlindungan untuk penyakit-penyakit kritis kataspropik seperti didalam asuransi tambahan rider Hospital & Surgical Care Premier ,bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa saja jenis-jenis penyakit ini,tapi bagi yang belum tau ? berikut ulasan kami tentang penyakit-penyakit kataspropik yang diproteksi Allianz.

Penyakit Kataspropik

Penyakit kataspropik adalah penyakit yang memerlukan biaya tinggi,komplikasi dan membahayakan jiwa,beberapa penyakit yang termasuk dalam kategori ini adalah : hipertensi (tekanan darah tinggi),penyakit ini berpotensi menjadi kronis,jantung koroner,gagal ginjal kronis,kolesterol,diabetes melitus dan stroke.Termasuk juga penyakit ganas lainnya seperti : kanker,tumor dan hepatitis. Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek mengemukakan penyakit katastropik di Tanah Air telah menghabiskan biaya hingga mencapai Rp16,9 triliun

Jantung

Jantung adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak didalam arteri (arteroma) atau dalam istilah medis disebut arterosklerosis. Arteroma terdiri dari kolesterol dan bahan buangan lainnya.Selain dapat mengurangi suplay darah ke jantung, arteroklerosis juga dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah.Penggumpalan darah ini memblokir aliran darah ke jantung sehingga potensi penyakit jantung menjadi lebih tinggi.

Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah,sehingga sel-sel di sekitar area otak menjadi mati. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepatKetika pasokan darah ke sel-sel otak terputus maka sel-sel tersebut akan mulai mati,untuk itu semakin cepat penderita ditangani,maka kerusakan akan semakin kecil dan kematian bisa dihindari,Jika anda merasakan stroke atau orang lain disekitar anda terkena stroke maka secepatanya dibawa ke rumah sakit.

Leukimia

Leukimia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih.sel darah putih adalah sel darang yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit-penyakit.Sel sel ini dihasilkan oleh sum-sum tulang belakang.Pada kondisi normal sel darah putih ini akan berkembang secara teratur disaat tubuh membutuhkannya untuk melawan atau memberantas infeksi yang muncul.Tapi pada saat tubuh terjangkit leukimia,sum-sum tulang belakang akan memproduksi sel darah yang abnormal,tidak dapat berfungsi dengan baik,dan berlebihan.Jumlah yang berlebihan tersebut akan menumpuk di sum-sum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang,Selkainmmenumpuk sel darah abnormal tersebut akan menyebar ke berbagai organ tubuh seperti ; paru-paru,ginjal,hati,limpa bahkan ke otak dan tulang belakang.

Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas. Selain itu gejala ini juga dikenal sebagai neoplasma ganas dan seringkali ditandai dengan kelainan siklus khas. Penyakit ini dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Gagal ginjal

Penyakit ginjal adalah gangguan fungsi pada organ ginjal. Ginjal adalah dua organ yang terletak di rongga perut Anda di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung Anda, tepat di atas pinggang. Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah, dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urine. Penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan global yang jumlahnya terus meningkat. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0,2% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan genetik yang merusak sel darah merah. Dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen. Molekul hemoglobin terdiri atas dua rantai globin, yaitu rantai alfa dan rantai beta. Orang yang menderita thalasemia beta adalah orang yang rantai beta dalam hemoglobinnya mengalami kerusakan.

Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan bawaan langka yang menyebabkan darah menjadi sulit membeku. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan protein pembekuan darah (faktor pembekuan). Orang dengan kondisi ini cenderung mudah mengalami perdarahan dan sulit untuk dihentikan, sehingga darah akan terus mengalir keluar. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius. Penyakit satu ini tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang ada saat ini bertujuan untuk meringankan gejala dan mencegah komplikasi kesehatan di kemudian hari.

Sirosis Hati Hepatitis

Sirosis adalah kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut ini terbentuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis atau kecanduan alkohol. Infeksi virus atau konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mencederai hati secara perlahan. Organ hati akan memperbaiki cedera tersebut dengan membentuk jaringan parut. Jika kerusakan terus berlanjut, jaringan parut yang terbentuk akan semakin banyak dan mengganggu fungsi hati.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Mengenal Jenis Penyakit Kataprospik
Author Rating
51star1star1star1star1star

One thought on “Mengenal Jenis Penyakit Kataspropik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *