Perbedaan Manfaat Asuransi Cashless Dan Reimburse

Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah asuransi kesehatan cashless dan reimburse sebelumnya. Atau mungkin juga belum.Kali ini kita akan membahas apa itu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimburse

Asuransi Kesehatan Cashless

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada 2 jenis manfaat dari asuransi kesehatan, antara lain asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless.

Asuransi kesehatan reimburse adalah asuransi kesehatan dimana nasabah harus membayarkan terlebih dahulu biaya rumah sakit yang timbul ketika dirawat di rumah sakit. Setelah nasabah pulang dari rumah sakit, biaya-biaya tersebut baru dapat diklaim ke pihak asuransi.

Itulah sebabnya asuransi ini dinamakan reimburse, karena menggunakan sistem reimburse (nasabah membayar terlebih dahulu

Asuransi kesehatan cashless adalah asuransi kesehatan dimana nasabah tidak perlu membayar terlebih dahulu. Pihak perusahaan asuransilah yang akan membayarkan terlebih dahulu biaya rumah sakitnya.

Ketika harus dirawat di rumah sakit, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kesehatan tersebut dan tidak perlu membayarkan uang muka lagi.

Itulah sebabnya manfaat kesehatan ini disebut juga manfaat asuransi kesehatancashless atau tidak menggunakan uang tunai.

Nasabah yang menggunakan asuransi kesehatan cashless hanya perlu membayar pada saat keluar dari rumah sakit apabila keseluruhan biaya rumah sakit melebihi uang pertanggungan asuransi kesehatan cashless tersebut.

Jika tidak, nasabah tidak perlu membayar apa-apa lagi.

Asuransi kesehatan cashless memberikan kemudahan bagi peserta asuransi atau tertanggung untuk menjalani perawatan serta pengobatan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Asuransi kesehatan cashless memungkinkan penanggung atau perusahaan asuransi untuk melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit rekanan sehingga peserta asuransi tidak perlu menggunakan dana pribadinya terlebih dahulu.

Manfaat Asuransi Kesehatan Cashless

Berikut ini adalah manfaat asuransi kesehatan cashless, yaitu:

#1 Memberikan Kemudahan

Seperti yang sudah saya katakan diatas, ketika Anda menggunakan asuransi kesehatan cashless, maka Anda tidak perlu membayar terlebih dahulu uang muka yang diperlukan untuk dirawat di rumah sakit.

Anda hanya perlu membayarkan biaya rumah sakit yang melebihi pertanggungan kesehatan yang di-cover oleh asuransi kesehatan tersebut.

Pada dasarnya, asuransi kesehatan cashless memang dibuat untuk mempermudah Anda ketika dirawat di rumah sakit, dimana Anda hanya perlu menunjukkan kartu kesehatan dari pihak asuransi pada saat berobat ke rumah sakit.

Anda dapat memperoleh layanan kesehatan kapan saja, tanpa perlu mengeluarkan sejumlah dana tunai.

Oleh karena itu, asuransi kesehatan cashless dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda pada saat Anda ingin berobat ke rumah sakit.

#2 Memberikan Manfaat Perlindungan Yang Lebih Lengkap

Asuransi kesehatan cashless biasanya memberikan manfaat perlindungan terhadap penggantian biaya sakit dengan lebih lengkap daripada asuransi kesehatan reimburse.

Manfaat asuransi kesehatan reimburse biasanya hanya mengganti biaya kamar per hari, biaya operasi dan obat-obatan.

Sedangkan manfaat perlindungan asuransi kesehatan cashless mulai dari biaya kamar, obat-obatan, biaya dokter, operasi, biaya yang terjadi sebelum rawat inap dan biaya setelah rawat inap, biaya kemoterapi, rawat jalan kecelakaan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ketika Anda memiliki asuransi kesehatan cashless maka dapat dipastikan Anda terlindungi seluruhnya pada saat harus dirawat di rumah sakit.

Anda hanya perlu membayar kelebihan biaya apabila Anda menggunakan kamar diatas manfaat yang Anda ambil atau biaya obat-obatan yang melebihi pertanggungan.

#3 Memberikan Manfaat Penggantian Yang Lebih Besar

Selain memberikan manfaat perlindungan yang lebih lengkap. Asuransi kesehatan cashless juga memberikan manfaat penggantian yang lebih besar daripada asuransi kesehatan biasa.

Tentu saja dengan manfaat perlindungan yang lebih lengkap dan manfaat penggantian yang lebih besar membuat biaya premi asuransi kesehatan cashlessakan lebih mahal daripada asuransi kesehatan yang biasa (reimburse saja).

Apakah Asuransi Cashless Bermanfaat?

Asuransi cashless memang bermanfaat atau tidak tergantung dari apakah memang asuransi cashless memberikan manfaat bagi Anda.

Asuransi kesehatan memang penting bagi semua orang, tetapi bukan berarti Anda harus langsung membeli asuransi kesehatan tanpa melihat apakah asuransi kesehatan tersebut memberikan manfaat bagi Anda atau tidak.

Seperti yang sudah kita baca bersama diatas, asuransi cashless memang memiliki beberapa manfaat yang berguna.

Dibawah ini ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa asuransi cashless dapat bermanfaat bagi Anda, antara lain:

  1. Anda cukup sering mendapatkan perawatan di rumah sakit, baik karena penyakit turunan atau karena penyakit-penyakit umum. Artinya Anda butuh biaya pengobatan yang tidak sedikit, sehingga Anda membutuhkan perlindungan asuransi untuk hal ini.
  2. Anda sudah membeli perlindungan asuransi yang lainnya dan masih memiliki anggaran untuk asuransi kesehatan. Oleh karena itu, Anda membeli asuransi kesehatan cashless agar memberikan Anda ketenangan dan kenyamanan pada saat terjadi risiko sakit penyakit.
  3. Anda senang berobat ke rumah sakit karena alasan kenyamanan. Oleh karena itu, dengan memiliki asuransi kesehatan cashless Anda tidak perlu khawatir atau kesulitan untuk menyiapkan dana untuk membayar biaya yang akan timbul pada saat Anda berobat ke rumah sakit.

Jika memang beberapa hal di atas adalah hal yang Anda pikirkan, maka asuransi kesehatan cashless dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Tetapi harus Anda ingat, bahwa asuransi kesehatan, baik cashless maupun asuransi kesehatan biaya (reimburse), akan jauh lebih baik dibeli ketika Anda sudah memenuhi kebutuhan asuransi lainnya yang lebih utama.Asuransi jiwa misalnya.

Manfaatkan Asuransi Kesehatan Cashless Untuk Kenyamanan Anda

Secara keseluruhan dapat Anda ketahui bahwa manfaat utama asuransi kesehatan cashless adalah untuk memberikan kenyamanan bagi Anda pada saat Anda harus dirawat di rumah sakit.

Anda dapat dengan mudah masuk rumah sakit dengan menggunakan kartu kesehatan cashless dan Anda sudah tidak akan mengeluarkan biaya lagi apabila biaya perawatan yang terjadi masih dibawah uang pertanggungan asuransi kesehatan tersebut.

Gunakan asuransi kesehatan cashless jika memang Anda mengutamakan kenyamanan untuk pengobatan di rumah sakit.

Baca Juga : Produk asuransi kesehatan cashless dan reimburse Allianz

Demikian

Sumber Tulisan : Finansialku

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *