Sistem Klaim Penggantian Pada Asuransi Properti

Klaim Asuransi Properti

Pada asuransi properti, manfaat utama yang akan kita dapat adalah perlindungan fisik bangunan dari kejadian-kejadian seperti kebakaran, tersambar petir, asap, kejatuhan pesawat terbang, dan kejadian lainnya. Meski demikian, manfaat perlindungan yang bisa kita dapat bisa diperluas lebih dari itu. Salah satu perluasan manfaat yang bisa kita pilih adalah perlindungan terhadap isi properti atau isi rumah kita.

Berkaitan dengan penggantian atas risiko pada properti maupun isi properti, hal yang perlu kita diperhatikan adalah penentuan nilai penggantian yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi, jika barang yang kita asuransikan rusak. Misalnya, kita mempunyai asuransi properti dengan perluasan manfaat atas barang yang ada di dalamnya. Kemudian, terjadi kebakaran yang menyebabkan TV, Kulkas, dan laptop kita hangus terbakar.

Apakah perusahaan asuransi akan mengganti ketiga barang tersebut? Tentu iya, tetapi nilai barang yang akan diganti disesuaikan dengan nilai barang saat terjadi risiko. Jika kita membeli TV seharga Rp 5 juta rupiah pada tahun 2012, maka penggantian yang akan diberikan oleh perusahaan Asuransi tidak akan sebesar harga saat Anda membeli barang tersebut.

Nilai Penyusutan Benda

Penggantian akan disesuaikan dengan nilai penyusutan pada tahun terjadi risiko tersebut.Kita harus memahami bahwa penggantian terhadap benda-benda yang kita miliki, oleh pihak asuransi, nilainya tidak akan sama dengan saat kita membeli benda-benda tersebut. Hal ini terjadi karena nilai barang menurun seiring waktu dan penggunaan barang tersebut.

Pemahaman ini penting agar pemegang polis bisa ikut memperkirakan nilai barang yang dimiliki di masa sekarang, sehingga kita bisa memeriksa kembali apakah penggantian dari perusahaan asuransi sudah sesuai atau belum. 

Demikian sedikit penjelasan mengenai sistem klaim penggantian pada asuransi properti supaya kita bisa lebih mengerti dan memahami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *